Rahasia Sukses Clickbank.com Rahasia Sukses

Followers

Barang Yang Dijual di Mini Market

Setelah mengetahui apa pengertian mini market, bisa menentukan lokasi yang sesuai, serta menetapkan target konsumen mini market atau toko, kini saat mencari tahu Barang apa saja yang di jual sebuah mini market atau toko.

Pada dasarnya tidak ada patokan tentang jumlah dan jenis barang yang bisa di pajang di etalase mini market atau toko. Akan tetapi paling tidak kita merefleksi sedikit tentang arti dari mini market itu sendiri. Tentunya mendekati keinginan pasar, sekali belanja bisa mendapatkan berbagai macam kebutuhannya. Berarti varian barang yang ditawarkan juga harus variatif.

Pertimbangan kedua, dengan memperhatikan target konsumen yang telah dibuat sebelumnya. Disini kita harus pandai-pandai mencari tahu apa saja keperluan dan kebutuhan dari target konsumen pertama. Jangan sampai orang terdekat membutuhkan suatu barang, ternyata serba tidak tersedia. Ini merupakan awal yang kurang baik, karena mereka inilah yang menjadi nasabah atau kosumen pertama. Jadi harus dilayani dengan baik salah satu caranya dengan menyiapkan barang kebutuhan mereka. Meskipun jumlah tidak banyak yang penting lengkap dan ada.

Sedangkan target konsumen utama, menjadi inspirasi dalam usaha mendatangkan barang dalam jumlah yang banyak. Ini perlu di perhatikan secara bertahap. Biasanya pada awal-awal membuka usaha, hal ini kurang bisa di antisipasi. Akan tetapi seiring dengan tekad dan kemauan untuk mencari tahu, maka problem ini bisa diatasi secara perlahan. Jumlah persediaan barang untuk kelompok ini sedikit lebih banyak; mungkin dua kali lipat dari prediksi kebutuhan.

Dari langkah tersebut bisa terisi sudah toko atau mini market dengan produk kebutuhan masyarakat. Dimulai dari kebutuhan sekitarnya baru melangkah untuk kebutuhan masyarakat luar dari lingkungan.

Berdasar pengamatan dan pengalaman saya sendiri sebagai pelaku bisnis ini, macam jenis produk untuk mengisi mini market sangat banyak dan luas. Sedikit banyak juga dipengaruhi oleh kemampuan daya tampung ruang dan rak display. Akan tetapi pada umumnya kita bisa menjumpai isi toko atau mini market seperti :
Rokok, mie instans, minyak makan, barang-barang toiletries, alat kencantikan / cosmetic, susu bubuk dan kental manis, aneka biscuit dan roti basah, miniman ringan bersoda atau tidak dengan kemasan yang beraneka (kotak, kaleng, botol), perlengkapan rumah tangga, bahan kue, pembasmi serangga, obat-obatan bebas, alat listrik dan tukang praktis, alat tulis, perlengkapan baby dan bisa di tambahi dengan mainan anak-anak.

Kalau di lihat jenis dan macamnya relative banyak, jadi tidak bisa langsung dilakukan dalam satu tahap. Sediakan beberapa kebutuhan tersebut secara bertahap.Bisa ditambah atau di inovasi sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan setempat. Demi kemudahan dalam pengelolaan inventori, kelompokkan barang – barang tersebut dalam dua kelompok besar lagi yakni Kelompok barang utama dan kelompok barang pelengkap. Hal ini untuk menghindari jangan sampai terjadi kelebihan stok pada barang-barang yang sebenarnya tambahan saja.

Dengan mengandalkan dasar-dasar di atas serta di lambari dengan daya kepekaan kita dalam pemenuhan kebutuhan orang lain, maka mini market kita bisa terisi mendekati ideal.

Sangat perlu di buat rencana tentang barang apa saja yang akan di sediakan, maka kelak dalam usaha pengisian barang-barang tidak akan mengalami kebingungan. Disamping itu kita juga bisa memanfaatkan uang modal semaksimal mungkin


Comments :

31 komentar to “Barang Yang Dijual di Mini Market”
Ruang Lepas said...
on 

Bos, kalo untuk penataan ruang mini market perlu ruangan yang seberapa luas idealnya? terus untuk rak display butuh berapa banyak tuh? rencananya saya mau merubah warung yang biasa (dilayani) menjadi swalayan ( mini market). makasih bos sebelumnya, tolongin ya..!!

Argamandha said...
on 

ma kasih udah berkunjung, ini sharing.

Mini Market itu konsep toko, menyediakan variant barang toko yang lengkap dan variatif. Saran saya minimal start 1500 variant.

Swalayan itu konsep pelayanan yang diberikan kepada calon konsumen dalam toko.

Luas bangunan tidak ada yang ideal menurut saya. Karena ada kaitan dengan perkembangan usaha. Akan tetapi kalau bangunan 100m2 bisa menampung sekitar 3500 variant barang (diluar gudang)

Saran saya kalau bisa bangunan permanen dan ada lahan parkir . Jangan mengandalkan jalan raya.

Dulu saya mulai dari bangunan luas 64 m2. Rak saya bkin sekeliling dinding. Kemudian ada rak memanjang di tengan searah pengunjung masuk. Ada 3 deret rak memanjang dengan sela 80cm.

Untuk mengatasi Anda bisa membuat sket tentang tata letak ruang menggunakan gambar dan kertas sehingga bisa mendapatkan ideal rak yang diinginkan.

Anonymous said...
on 

wah thank's banget atas jawabannya. akan saya coba hitung2 dulu tuh..

enno said...
on 

bos, mau nanya..kalau 1500 variant itu berapa modalnya? dan untuk 1 varian perlu berapa banyak kita sediakan stok nya? tolong jawabannya ya bos..trims

Anonymous said...
on 

Kalo g salah dalam usaha Retail termasuk mini market dikenal adanya 9 dasar operasional,,bisa jelasin g?

Argamandha said...
on 

to enno
katakan ada 1500 variant barang yang ingin kita jual. Mading-masing variant 6 pcs. Anggaplah kita pukul rata harga per pcs barang Rp 5000,00 berarti tinggal di kalikan saja modal yang diperlukan : 1500 x 6 pcs x Rp 5000,- = Rp 45.000.000,00

Untuk menentukan stok per variant emang tidak semudah yang dibayangkan. Bagi yang belum menjalankan usaha maka agak sulit, tapi bisa di pelajari bertahap. Sebagai patokan gunakan pengelompkan barang :
1. Produk putaran cepat
2. Produk putaran sedang
3. Produk putaran lambat.
Pengelompokan tersebut bisa menuntun kita menyediakan barang mendekati ideal berdasarkan besarnya permintaan sekitar kita. Meski demikian ada masa-masa tidak bisa mengikuti tuntunan tersebut seperti masa2 hari besar/raya

Anonymous said...
on 

bos untuk mencari barang2 itu khan butuh suplier..nach saya ge mencari supler sembako.kira2 bos ada kenalan suplier sembako yg bisa saya hubungi.thx

Anonymous said...
on 

bos mau tanya...izin untuk mini market syaratnya apa aja.

Anonymous said...
on 

BOS BISA TOLONG JELASKAN JENIS BARANG ( BUKAN MERK ) APA AJA YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK MINIMARKET YANG BARU DIBUKA DAN BAGAIMANA PENGADAAN BARANG TERSEBUT APAKAH KITA BELI DIPASAR TRADISIONAL ATAU CARI REKANAN.......TAPI GIMANA CARANYA...TQ

had said...
on 

dalam bisnis toko/minimarket,pengelompokan barang disesuaikan dengan luas area toko dan kebijakan dari pengelola terhadap pengadaan barang. pada umumnya grup besar dari pengadaan barang adalah food dan non food. kemudian,food dibagi lagi menjade : a. Dry food dan b. fresh food. Sedangkan non food,dibagi lagi menjadi a. hard line dan b. soft line. Dimasing-masing grup tersebut kemudian dibagi lagi kedalam jenis barang terkecil,yang disebut category product. Untuk pengadaan barang, yang terbaik adalah dengan mengambil langsung ke supplier,sehingga dapat memperpendek proses distribusi barang, yg pd akhirnya bermuara pada harga produk yg kompetitif. untuk berbagai pertanyaan ttg toko silakan hub saya di. www.h.purnomo38@yahoo.com. Mdh2an kita bisa bersinergi

Software Retail said...
on 

info yang sangat membantu

Printer kasir said...
on 

Selain itu pengenalan produk/barang yang akan di jual,hal itu sangat penting karana kita bisa tau apa yang di butuhkan para konsumen.

Anonymous said...
on 

contoh hard line dan soft line itu seperti apa ya..?
butuh untuk pengelompokan barang di tugas akhir saya..terima kasih bantuan nya...

Anonymous said...
on 

maaf gan ikutan nimbrung,sebenarnya produk di store itu terbagi atas 3 kriteria:
1.fast moving
produk dg kriteria fm ini kontribusinya sekitar 60% di toko,tentunya produk ini sangat cepat turn overnya di toko(perputaran barang.fokus pada produk ini jgn sampai stock out(kehabisan barang.biasanya produk2 bahan pokok dan profitnya sangat kompetitif sekali.
cth sabun lifebouy,shp pantene,detergent rinso/daia,susu bendera kaleng,susu bayi sgm,dancow dll,mie instant indomie/sedap mie.dan banyak lainnya.
2.medium moving
mm kontribusinya sekitar 30%.produk ini biasanya untuk produk substitusi/pengganti istilahnya second line dr produk pokok/primernya.ini juga penting sebagai variasi,krn costumer itu macem2 & aneh2 permintaanya.untuk profit bisa kita mainkan tergantung harga kompetitor kita.pinter2 kita lah.
cth sbn mandi dettol,nuvo,shp emeron,rejoice,susu untuk dewasa,detergent attack,dll sebenarnya msh bnyak penjabarannya.
3.slow moving
sm kont 10% tidak boleh lebih.produk ini biasanya dibutuhkan konsumen dg tipe tertentu saja tidak umum & agak idealis,yg perlu diperhatikan buat seminimal mungkin stock di toko,kalopun kosong /stock out tidak berpengaruh pd omset tp pengaruhnya ke profit/laba krn produk ini tinggi profitnya.
cth popok dewasa,sbn mndi camay,shp motor,det rinso yg colour,produk2 house hold/peralatan rumah tangga.
kalo sya sbg praktisi retail mending komposisinya fm 70% mm 30%.ini lebih aman dlm menjaga inventori produk kita.biasanya untuk pemain pemula&pemodal pas2an pakai ini aja.aman bukan???
kalo lbh jelas lg blh email n_gager@yahoo.com
pasti saya reply

muhammad bahroni said...
on 

maaf gan ikut nimbrung link.
dapatkan informasi minimarket mandiri & franchise terbaru.membuat omset penjualan minimarket anda naik 500% dalam sebulan & tips ampuh menangkal expansi franchise lokal.komplit & gratis

http://usahaminimarket.com

JILANCOM said...
on 

Kami membuat/jual Software Minimarket dengan harga terjangkau (murah). Informasi lengkap call/SMS 08122145736.

Terima kasih.

itmarket said...
on 

bos, boleh nanya...
kalo alfamert itu berapa variant ya?
kira-kira kalo pake cash register kapasitas 2000 PLU (varian) cukup ngga?
thx

Anonymous said...
on 

Bos mau tanya ideal ambil labanya brapa ya per itemnya ?

Anonymous said...
on 

Jual mesin kasir , software mini market ,swalayan ,bengkel, apotik , barcode scanner , barcode printer , mini printer , Laci ( cash Drawer ) , Kertas Struck ,NCR , Label Barcode dan Ribbon
Kontak Kami :
INDONESIANBARCODE
Telp : 024-40047909 - 70040030

Anonymous said...
on 

bos bisa g' jelasin gmna cranya pertama x kta mau membuka minimarket...
apa langkah pertama yang harus kita lakukan....?

ayu said...
on 

Bos, cara meningkatkan penjualan u/ mini market gemana ya...shere dong..thxs...

RAK MINIMARKET said...
on 

Salam Gan...Jangan lupa untuk menata barang yang di jual di minimarket gunakan rak minimarket ya gan...hehehe. Mari saling berbagi informasi tentang seputar minimarket dan jangan lupa kunjungi : http://rakminimarket-mms.blogspot.com/

Retail Business Solutions said...
on 

Maaf nimbrung juga nih, namun jgn lupa yg tidak kalah penting adalah menentukan lokasi yg prima (prime location) untuk didirikan sebuah outlet bisnis/toko/minimarket agar toko yg didirikan sesuai RAB dan menguntungkan . Dalam menentukan lokasi yg strategis atau prima ataupun melihat berapa besar potensi pasar dari lokasi yg sudah ada dapat digunakan analisa site feasibility/location analysis. Untuk menambah ilmu dan bimbingan konsultasi analisa lokasi dan berbagai hal yg berhubungan dengan pendirian dan proses sebuah minimarket bisa kunjungi www.retailbusinesssolutions.blogspot.com atau ahli_lokasipas@yahoo.co.id Tetap Semangat...!!!
Tks

Anonymous said...
on 

informasi yg sangat bermanfaat. makasih Gan.

Anonymous said...
on 

bos saya pengen buka usaha kelontong atau mini market kcil kecilan dulu, ntar klo uda maju mw dperluas...tp saya cuma punya modal 2 jutaan,,,apa saya bisa buka usaha dengan uang sgitu,,trims

ibu Ifa said...
on 

Mohon dirincikan produk fast moving
biar lebih jelas karena rencana saya mau isi di Minimarket 70 % jadi apa saja? skalian Komputer kasir yg perlu saya hubungi & data basenya saya ada di manado

firman edi said...
on 

dear boss,
mohon infonya yg jual komputer kasir &data basenya,posisi di batam kepri

fahrul said...
on 

bos tolong dunk di updet produk produk nya, contoh:
sampo: pantene,sunsilk,emeron dll
sabun mandi: lux,giv, dll
minyak goreng: bimoli,sania dll

Anonymous said...
on 

Dear Bos.
Please di Share donk, alamat dan Link Suplier yg bos kenal dan tentunya perna berlangganan.
Saya posisi di Manado. Thx

Anonymous said...
on 

Saya ada produk minyak goreng kemasan. Harga sy jamin paling murah dengan kualitas hebat. Bs menghubungi sy di no 087731818231. Pin 7f3d8101. Suwun

cahaya said...
on 

Ikut nyimak gan...

Post a Comment