PEMILIHAN LOKASI MENDIRIKAN TOKO atau MINI MARKET

Apabila ingin mendirikan Toko atau Mini Market, masalah pemilihan lokasi merupakan aspek penting yang harus dipertimbangkan dengan matang. Tidak jarang kesalahan dalam pemilihan lokasi mengakibatkan kegagalan dari usaha toko atau mini market.

Lokasi atau suatu daerah yang dipergunakan untuk membuka toko atau mini market sebaiknya diperitmbangkan dua hal yakni telah ada kegiatan sejenis yang telah eksis dalam kurun waktu tertentu dan. Lokasi tersebut strategis.
Daerah sekitar kegiatan ekonomi setempat sangat bagus untuk prospek usaha ini. Daerah ini biasanya seputaran pasar atau mal-mal. Karena banyak orang yang mencari kebutuhan hidupnya sehari-hari kedaerah tersebut. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengundang calon konsumen dating ke lokasi Anda berjualan.

Andaikan Anda ingin mendirikan sebuah toko atau mini market di tempat yang sepi, percaya saja perkembangan usaha akan mengalami kegagalan minimal akan sangat lambat berkembang. Kenapa? Tahukah Anda bahwa masa sekarang yang namanya toko atau Mini market hampir ada disetiap sudut tempat tinggal. Coba saja perhatikan sekitar Anda barang sejenak. Anda bisa temukan hanya berjarak beberapa meter saja sudah ada usaha seperti ini. Lantas di mana lokasi yang tidak ada usaha tersebut?

Saran saya janganlah Anda pernah ingin mendirikan usaha seperti ini di daerah yang tidak ada usaha seperti yang ingin di lakukan. Sejauh saya ketahui lokasi yang tidak ada terdapat usaha seperti yang ingin dilakukan hanya ada di lokasi kuburan! Apa Anda mau mendirikan toko atau mini market di lokasi tersebut?....

Jadi pilih lokasi dimana lokasi tersebut telah ada usaha toko atau mini market. Serta sejauh ini usaha-usaha tersebut masih berjalan dengan baik. Dari keberadaan usaha –usaha yang telah ada dan bisa bertahan lama Anda bisa menjadikan sebuah pemikiran cemerlang; bahwa di lokasi tersebut TELAH ADA KONSUMEN. Kalau Anda mendirikan usaha seperti tersebut maka Anda tidak terlalu kesulitan dalam hal mendatangkan calon pembeli, Anda akan mendapat lemparan konsumen dari usaha yang telah terlebih dulu ada.

Strategis dalam pengertian lokasi yang dipilih memeiliki akses yang fleksibel untuk dijangkau. Calon konsumen bisa gampang mengetahui dan mendatangi karena salah satunya jalur tranfortasi yang memadai. Jalan untuk berkunjung cukup gampang karena ada jalan raya serta sarana kendaraan umum.

Lokasi-lokasi yang biasa strategis dan sangat sesuai untuk didirikan usaha toko atau mini market adalah :

  1. Jalan yang aksesnya dua arah. Dua arah berarti banyak orang yang berlalu lalang baik jalan kaki maupun naik kendaraan. Sebaiknya pilih posisi sebelah kiri orang pulang kerja. Perhatikan juga kepadatan penduduk sekitarnya sebaiknya pilih daerah yang ada penduduknya baik sisi kiri maupun sisi kanan jalan. Ini sebagai modal untuk mendapat calon konsumen. Dan jangan pilih daerah jalur dua yang merupakan jalur cepat atau jalan protocol dimana jalan tersebut biasanya sekedar jalur untuk orang cepat-cepat saja.
  2. Lokasi sekitar fasilitas umum. Bisa di dekat rumah sakit, sekitar terminal atau di sekitar tempat ibadah. Ini daerah sangat bagus, karena akan banyak orang yang tanpa sadar mengetahui keberadaan usaha Anda dengan berkunjung ke fasilitas umum tersebut.
  3. Dalam kompleks suatu perumahan. Sekarang ini telah banyak bertebaran kompleks-komplek perumahan di daerah kita. Tidak jarang nama kompleks tersebut bisa memberikan gambaran sebesar apa penghasilan masyarakat daerah tersebut. Dengan mendirikan usaha di dalam kompleks perumahan tertentu Anda telah menjemput bola, mendatangi calon konsumen dengan barang keperluan mereka. Sudah jelas calon konsumen yang ingin di bidik.
  4. Di ujung gang bisa menjadi sebuah lokasi yang menarik. Karena biasanya pusat pemberhentian orang untuk masuk ke sebuah kampong adalah ujung gang / pintu gerbang. Jadi disini Anda bisa menembak dua calon konsumen sekaligus, penghuni gang tersebut serta pengunjung gang tersebut.


Dengan pemilihan lokasi pendirian usaha took atau mini market yang terencana dan terperinci dari awal, akan menjadi sebuah momentum yang sangat menentukan dalam hal menunjang kelangsungan usaha dan perkembangan usaha yang Anda lakukan nantinya.

Selamat Merintis Usaha Sendiri

Comments :

3 komentar to “PEMILIHAN LOKASI MENDIRIKAN TOKO atau MINI MARKET”
Unknown said...
on 

Numpang berbagi gan...buat yang mau buka usaha minimarket atau butuh rak dan perlengkapan rak minimarket atau swalayan ini linknya : https://minimarketindonesia.wordpress.com/

Unknown said...
on 

www.rakminimarketsleman.blogspot.com jual aneka rack display buat minimarket,konsultan manajemen toko,jasa survey lokasi standart minimarket nasional,cp tanto 081393988686

Sintech Rakindo said...
on 

perkenalkan kami dari pabrik rak, produksi rak gondola dan rak gudang, selain itu kami juga lengkap dengan aksesoris perlengkapan supermarket, seperti keranjang belanja, meja kasir, dll.
dengan harga pabrik kualitas terbaik.
pengiriman dari Surabaya untuk seluruh Indonesia
www.raksupermurah.com WA 082257082325

Post a Comment