Rahasia Sukses Clickbank.com Rahasia Sukses

Followers

Konsep Pelayanan Dalam Mini Market

Dalam manajemen pengelolaan layanan konsumen didalam mini market ada dua opsi yang pilihan swalayan penuh atau semi swalayan. Sebenarnya kedua jenis layanan ini selalu berdampingan tergantung situasi dan kondisi.


Swalayan penuh itu berarti memberikan kebebasan kepada calon konsumen untuk melihat, mengambil dan membawa barang sendiri ke kasir untuk dibayar. Jenis pelayanan ini tentu saja memerlukan ruang / space dispay / pajang yang memadai sehingga barang bisa mudah dilihat, dijangkau calon konsumen. Pemilik / pengelola toko hanya terlibat dalam menghitung jumlah belanjaan, kemudian menerima pembayaran dari pembeli saja.

Semi Swalayan adalah jenis pelayanan dimana ada batas-batas tertentu yang tidak memungkinkan calon konsumen untuk melihat, dan mengambil barang secara langsung, harus meminta bantuan pemilik atau pelayan toko. Biasanya pelayanan jenis ini berlaku pada produk yang dijual dengan karakter harga mahal jadi rawan kejahatan, gampang rusak atau dalam jumlah besar pembeliannya.

Pada umumnya sebuah toko yang menerapkan konsep mini market menggunakan konsep layanan ini secara berdampingan. Kadang bersamaan mengingat kedua jenis pelayanan ini sangat di pengaruhi oleh :

Karakter Calon konsumen.
Bagi seorang pengelola usaha apapun kunci utama kesuksesan yang harus di kuasai adalah kemampuan mengenal calon pembeli. Seorang pengelola toko harus bisa “menebak” karakter calon konsumen dari pandangan pertama. Dari raut wajah, sinar maa, po;ah tingkah serta gerak-gerik seorang pengunjung sudah bisa di ‘tebak‘ orang tersebut berniat beli atau tidak?’

Kalau menurut anda pengunjung tersebut adalah orang yang sudah dikenal (sering datang belanja) dan memang berniat membeli, maka cukup di bimbing kea rah produk yang di butuhkan. Cukup awasi dari jauh, biarkan pengunjung melihat, mengambil dan membawa barang sendiri. Ini berarti konsep pelayanan pertama diterapkan.

Akan tetapi lain cerita kalau dari awal sudah ‘tebak’ bahwa pengunjung yang datang tidak berniat membeli alias berniat kurang baik. Langkah yang harus di lakukan adalah mendampingi dari awal sampai akhir atau pengunjung keluar dari toko. Mengambilkan barang, memperlihatkan serta membawa barang belanjaan ke kasir. Meminimalisasi sentuhan langsung dari calon pembeli terhadap barang. Jenis pelayanan Semi Swalayan yang kita terapkan kepada karakter konsumen seperti ini.

Karakter Barang yang dijual
Berbagai macam barang memiliki keunikan terntentu, seperti mudah pecah, mudah habis atau harga produk yang relative mahal. Ini perlu dilakukan perlakuan khusus.

Barang-barang seperti perfume dan kosmetik biasanya mudah pecah dan gampang habis. Produk-produk ini tidak bisa diberikan kebebasan kepada calon konsumen, karena mereka akan mencoba – coba (bau dan rasa), kalau mereka jadi membeli tidak terlalu menjadi masalah. Akan tetapi tidak jarang ada beberapa pengunjung yang hanya mau mencari keuntungan sendiri, pura-pura ingin membeli perfume dengan menyemprot langsung kebadan mereka, padahal tujuannya hanya ingin menggunakan pengharum tanpa harus membeli.

Susu kaleng yang dewasa ini relative mahal sebagai contoh barang mahal yang tidak bisa diberikan kebebasan bagi calon konumen untuk mengambil sendiri. Salah satu jenis produk yang sering menjadi sasaran pencurian adalah kelompok barang tersebut.

Kesimpulannya kedua jenis pelayanan ini dipergunakan secara bersamaan. Situasi dan kondisi sangat berpengaruh. Hanya pengelola toko yang dapat menentukan kapan konsep pelayanan tersebut dipergunakan

Comments :

28 komentar to “Konsep Pelayanan Dalam Mini Market”
kasburizki said...
on 

saya ingin memulai usaha.. tempat telah tersedia,strategis (dipertigaan jalan, dekat rumah sakit, dekat mesjid). modal pun sudah ada. tapi saya tidak mengerti tentang sistem komputerisasi produk dan transaksi. serta dari mana dan bagaimana saya mendapatkan suplayer produk yang akan saya pasarkan.... atas tanggapan dan sarannya. terima kasih banyak....

Biro Jasa said...
on 

saya mau tanya kalau kita beli barang nya kita harus kamana ya

syamchico said...
on 

slam kenal,,, saya ingin bertaxa kira2 harus puxa modal berepa ya kalau mau bangun MINIMARKET..?? terima kasih mohon balasanxa..!!

Argamandha said...
on 

@biro Jasa : Sumber barang maksudnya? yang jelas melalui agent/distributor. Akan tetapi liat2 situasi juga sich

@syamchico : Modal ini relatif, sesuai dengan daerahnya pak. Idealnya emang menurut saya 250 jt di luar modal investasi non produk. Akan tetapi dalam kondisi tertentu di bawah 100 jt bisa juga. Step by step-lah

chakim said...
on 

kalau membutuhkan software kasir dan inventory kunjungi aja website

http://elkim.wordpress.com/2010/04/29/program-kasir-point-os-sales/

email : chakim_23@yahoo.co.id , konsultasi ke YM: bakaran2000

Saranaretail said...
on 

software kasir
klik: www.ruangkerja.com

Anonymous said...
on 

hi,,yth argamanda saya penyuka rubrik anda.saya juga bermimpi punya swlayan sebagai aktif income keluarga,karena selama ini saya sdh jalani usaha pasif income,usaha rumah kost.
kadang saya trauma,karena persis di depan perumahan saya ada satu swlayan bagus,permanen dan brandnew.usahanya ini sdh jalan 2 bulanan.nah sementara itu persis dihadapan swlayan ini dibangun lagi swalayan yang sama persis besarnya dan penampilannya.lambat laun swalayan ke 2 jalan ,,,kok sedikit demi sedikit pembeli berpindah ke swalayan ke2,dan selama kurun waktu 8 bulan akhirnya swalayan 1 tumbang alias bangkrut sampe bangunannya dijual.Padahal kalo saya bandingkan swalayan 2 pelayanannya biasa saja ,kadang buat jengkel karena beri kembalian selalu pake permen.Nah dimanakah letak kunci sukses swalayan itu,,apakah ada pengaruh dari arah angin,cahaya matahari atau ada unsur abstrak(magis)? Terima kasih atas penjelasannya...

YOGI MARSAHALA said...
on 

Blog dan artikelnya bagus, komentar juga ya di blog saya www.when-who-what.com

Anonymous said...
on 

esamardhikapurnaramadhan@yahoo.com

saya sudah memiliki usaha warung kecil-kecilan, dan kini saya berencana untuk menambah usaha saya sedikit lebih besar, boleh dikatakan "super minimarket" karena tempat usaha saya tersebut hanya berukuran 2m x 2m. yang ingin saya tanyakan di sini adalah :
1. mungkinkah saya dapat mewujudkan keinginan saya itu?
2. jika mungkin, desain seperti apa yang cocok untuk "super minimarket" saya tersebut (mulai dari rak, tata letak barang, dsb).
terima kasih atas penjelasannya.

Anonymous said...
on 

(Ralat)
esamahardhikapurnaramadhan@yahoo.com

saya sudah memiliki usaha warung kecil-kecilan, dan kini saya berencana untuk menambah usaha saya sedikit lebih besar, boleh dikatakan "super minimarket" karena tempat usaha saya tersebut hanya berukuran 2m x 2m. yang ingin saya tanyakan di sini adalah :
1. mungkinkah saya dapat mewujudkan keinginan saya itu?
2. jika mungkin, desain seperti apa yang cocok untuk "super minimarket" saya tersebut (mulai dari rak, tata letak barang, dsb).
terima kasih atas penjelasannya.

JILANCOM said...
on 

Kami membuat/jual Software Minimarket dengan harga terjangkau (murah). Informasi lengkap call/SMS 08122145736.

Terima kasih.

agus_wahyudi19@yahoo.co.id said...
on 

sore,,,saya mw tny brp modal minim ntuk memulai usaha mini market. dan ntuk memulai item produk apa yg layak dipajang terlebih dahulu agar menarik pengunjung ntuk datang dan membeli. thx

Konsultan Minimarket di Banjarmasin said...
on 

Dear para calon pengusaha minimarket di Kalimantan Selatan atau Banjarmasin dan sekitarnya, kami menyediakan rak dan perlengkapan minimarket untuk wilayah kalimantan selatan dan kalimantan tengah. jika berminat bisa menghubungi kami, Fahmi (085251391484). Kami juga menyediakan jasa konsultan minimarket untuk wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah. Salam.

NOVI IDAYANTI said...
on 

trims infonya, ayo mampir ke blogku http://novigodiamond.blogspot.com/

PARIWISATA TIMOR -LESTE said...
on 

hai salam kenal, namaq arsenio, q ingin mempelajari usaha mimi market tp binggung, maka saya ingi tolong dijelaskan bagaimana menginfentarisasi barak di mini market

promo indonesia said...
on 

terimakasih banyak atas info yg bermanfaat ini :)
usaha minimarket memang menjadi agrobisnis yg mnjajikan terutama di jaman seperti skrng ini

NTT Zine said...
on 

Saya sedang berencana membuat sebuah minimarket, apa sih standarnya mini market? apa dari bentuk bangunan, kelengkapan barang atau apa? terima kasih sebelumnya?

Asyk ngatur pesangon said...
on 

Mini market banyak diminati oleh para pensiun, informasi ini sangat membantu mereka yang ingin berwiraswasta setelah pensiun. Bagus sekali. Terima kasih

Ismael, S.Kep said...
on 

Impianku pengen buka Usaha Minimarket, tapi pengen cari modal dulu ....

Linda Herlina said...
on 
This comment has been removed by the author.
Linda Herlina said...
on 

Langkah jitu meningkatkan OMZET minimarket silahkan baca detailnya di klik dunia minimarket

RAK MINIMARKET said...
on 

Sangat membantu...maju terus gan..

Hasan Zaelani said...
on 

Bismillah.... mari kita mulai, kawan

Anonymous said...
on 

Buat yang butuh perlengkapan minimarket murah 100% baru langsung pabrik silahkan kunjungi
http://www.indorakminimarket.com
Ph : 081284343043

Kami akan bantu anda.

Sahlan Thayeb said...
on 

Boleh minta sarannya....

Alfaonline.com said...
on 

Saat ini perkembangan mini market sudah mengarah ke e-commerce toko online untuk kenyamanan pelanggan. Alfaonline.com : Toko belanja online murah, Promo heboh jual barang hanya Rp 1,-

RAK MINIMARKET said...
on 

Numpang berbagi gan...buat yang mau buka usaha minimarket atau butuh rak dan perlengkapan rak minimarket atau swalayan ini linknya : https://minimarketindonesia.wordpress.com/

Tafarel Satyo said...
on 

Saya tanah sudah punya didekat bandara adi sucipto.....letak strategis.dan saya merasa sudah bisa menjalankan,,karena dari kecil ortu usaha ini sampai sekarang.tapi sayang modal tidak ada....sapa tau ada yg berani nawarin modal...hehehe

Post a Comment