Kesalahan Mini Swalayan - pengertian

Tidak jarang ditemukan di pinggir jalan terpampang plank nama bertuliskan nama toko yang di belakangnya ada embel-embel Mini Market. Contoh Johan Mini Market, Iwan Mini Market, 88 Mini Market dan sebagainya. Akan tetapi sangat jangggal rasanya kalau kita menemukan Arjuna Swalayan, Planet Swalayan. Apa yang janggal ?


Penggunaan kata Mini Market dan Mini Swalayan ini meskipun “maksudnya” sama akan tetapi bila dipergunakan sembarangan tanpa mengingat arti harfiah masing-masing akan terasa janggal dan rancu.

Kalimat Mini Market kalau kita ‘usik’ perkata menjadi mini = kecil , market = pasar diterjemahkan secara bebas mungkin arti pasar kecil. Mengingatkan seseorang akan pasar yang dimana tersedia beraneka macam produk diperjualbelikan. Ini berarti toko tersebut menjual variant barang yang cukup variatif sehingga besar kemungkinan produk yang dibutuhkan pelanggan akan ada. Pengertian yang muncul dibenak orang adalah konsep pengadaan barang : Barang-barang yang yang tersedia di toko tersebut cukup variatif.

Lantas apa maksud dari kalimat Mini Swalayan? Kalau kita terjemahkan perkata maka : mini = kecil, swalayan = melayani diri sendiri atau kalau yang dimaksud tempat maka pengertian swalayan itu toko. Dus, kalau dihubungkan apa pengertiannya menjadi : Toko Setengah melayani diri sendiri atau setengah dilayani ? atau Toko Kecil, atau Tempat Belanja Kecil ? Ribet kan artinya?

Sebenarnya Mini Market adalah strategi pengadaan barang sebuah toko. Sedangkan Mini Swalayan adalah konsep pelayanan kepada pelanggan - konsumen.

Ambil contoh : Johan mau membuka sebuah usaha dagang keperluan sehari-hari. Model usaha yang dia ingin lakukan adalah Toko. Toko tersebut akan menerapkan konsep mini market yakni menyediakan barang dengan pilihan yang variatif. Konsep pelayanan yang dia terapkan dalam melayani pembeli / konsumen adalah mini swalayan; yakni konsumen dapat mengambil barang-barang yang akan dibeli sendiri kemudian di bawa ke kasir. Akan tetapi untuk beberapa produk yang memerlukan perlakuan khusus akan dilayani secara langsung ( barang diambilkan untuk pembeli sesuai permintaan)

Dengan pola demikian sangat pantas Johan membuat plang nama toko :Johan Mini Market bukan di tulis menjadi Johan Mini Swalayan


Comments :

9 komentar to “Kesalahan Mini Swalayan - pengertian”
Anonymous said...
on 

Setuju ...
karena akan lebih rancu lagi apabila di dalam satu kosa kata terdapat dari dua kata asalan dari dua bahasa asing ... inggris dan sansakerta ... hehehe...

JILANCOM said...
on 

Kami membuat/jual Software Minimarket dengan harga terjangkau (murah). Informasi lengkap call/SMS 08122145736.

Terima kasih.

Tretail said...
on 

Tretail , POS SOFTWARE kasir u mini market, toko butik,toko kelontong, apotik,accesories,distributor dll
yang dapat mengakomodasi data brp jual-beli , hut-piut,member,harga bertingkat, stok ,opname, cetak barcode , ada tranning dan maintenance harga terjangkau call/sms 087758922236
terima kasih

Konsultan Minimarket di Banjarmasin said...
on 

Dear para calon pengusaha minimarket di Kalimantan Selatan atau Banjarmasin dan sekitarnya, kami menyediakan rak dan perlengkapan minimarket untuk wilayah kalimantan selatan dan kalimantan tengah. jika berminat bisa menghubungi kami, Fahmi (085251391484). Kami juga menyediakan jasa konsultan minimarket untuk wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah. Salam.

Andrie Baskara said...
on 

Kami menyediakan software yang kami desain mirip dengan yang digunakan oleh jaringan retail terbesar Indonesia. Selain itu kami juga menyediakan layanan pemasangan cctv online yang dapat dipantau melalui Smartphone. Hubungi Andrie di 02141000880 atau 08129634901

NTT Zine said...
on 

oh ternyata harusnya mini market yaa..bukan swalayan :-) thanks info nya

Unknown said...
on 

Yang ingin Software Kasir Minimarket dapat menghubungi 081287627660 atau via email aspsbogor@gmail.com

Kanal said...
on 

kalau mini martket swalayan ?

Wanda hamidah said...
on 

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya Wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh.Rashaad atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

Post a Comment