MODAL MENDIRIKAN TOKO

Setiap ada ide mendirikan atau membuka suatu usaha, perhatian pertama selalu pada masalah modal. Masalah permodalan tidak jarang menjadi momok yang mengakibatkan kegagalan dalam usaha mendirikan toko. Darimana modal ? Berapa modal yang yang dibutuhkan? Bagaimana cara mendapatkan modal untuk mendirikan toko?

Guna menyikapi pertanyaan yang berkecamuk dalam benak kita kan hal tersebut; perlu diambil pengertian yang tegas. Dalam usaha mendirikan toko, menempati peringkat utama masalah permodalan. Permodalan yang diperlukan ada dua kelompok besar, yakni modal yang tidak berujud uang / harta dan modal yang berupa uang.

Modal tak berwujud uang
Sering saya berkomunikasi dengan beberapa sales / tenaga pemasar. Setiap saya bertanya kepada mereka : " Kapan kamu bikin bisnis sendiri?" mereka menjawab saya " Bos..boss...jangankan mikir bisnis sendiri, uang belanja sehari-hari aja masih kurang; dari mana modalnya?..."

Amat disayangkan memang; karena begitu sempit pemikiran tentang modal. Karena modal terbesar untuk mendirikan toko sebenarnya setiap orang bisa/telah memiliki.

Kepercayaan
Coba kita renungkan selama ini ada berapa orang yang telah mempercayai kita? Mulai dari orang tua sendiri, mertua yang telah menyerahkan anaknya menjadi pasangan hidup kita, Bos tempat kerja yang telah mempercayai kita dengan memberikan kerjaan. Tetangga yang telah percaya dan bersedia menjadi teman dilingkungan. Teman-teman kita yang banyak tersebar. Serta mungkin lebih banyak lagi silahkan pikir sendiri......

Dalam usaha mendirikan toko, modal kepercayaan ini sangat penting. Dengan kepercayaan konsumen bisa berbelanja di toko kita. Mereka yakin bahwa barang yang kita jual punya kualitas. Barang yang kita jual dengan harga yang memadai. Dengan modal kepercayaan pula penyalur / agen barang-barang bersedia memberikan kia barang dengan syara pembayaran kemudian hari.

Bukankah semua orang memiliki modal ini. Besar kecilnya modal ini setiap orang berbeda-beda. Dan modal ini tidak ini tidak bisa diperoleh dari pihak lain.

Modal uang
Dalam hal modal uang, memang sanga perlu dan tidak ada sebuah usaha apapun yang tidak memerlukan modal satu ini. Jadi sudah selayaknya dalam memulai sebuah usaha kita mempunyai modal uang yang cukup memadai. Jumlahnya memang sangat relative sesuai dengan besar kecilnya usaha yang ingin kita lakukan. Kalaupun kita tidak memiliki modal uang sendiri, banyak jalan untuk memperoleh modal satu ini.

Dalam hal ini saya cuma ingin menekankan bahwa dua modal tersebut diatas harus kita mengerti dan pahami sebelum mencari tahu cara mendirikan toko. Jadi tidak perlu lagi modal menjadi momok yang menakutkan.

Comments :

5 komentar to “MODAL MENDIRIKAN TOKO”
Anonymous said...
on 

tinggal metik dari pohon ya..

ASAS said...
on 

Bos, boleh cerita tentang kemungkinan pemberian pinjaman modal dari pihak perbankan untuk usaha mini market? Apakah ada Bank yang mau membiayai bisnis ini? Seperti apa bentuk pinjamannya? Apakah tetap perlu agunan lain?
Rgds, ASAS

Unknown said...
on 

bos software buat transaksi mini market bisa didapet dimana?? trus namanya apa thu? tengkyu butuh banget neh

Apri Grecwin said...
on 

Bos, kalo bikin mini market yang sederhana kira2 berapa ya modalnya? tq bos

yahya said...
on 

browsing aja banyak yg jual aplikasi software kasir kok...

Post a Comment